UNIK nya WARNET di JEPANG !

Posted by Ibnu(dunia-klue) On Sabtu, 26 Juni 2010 16 komentar

Mumpung hari libur, yuk kita lihat-lihat seperti apa sih WarNet (Internet Cafe) di Jepang sana. :-)

Seperti juga di Indonesia, internet cafe di Jepang juga cukup banyak walaupun boleh dibilang hampir setiap rumah sudah mempunyai koneksi internet. Dan kebanyakan juga buka selama 24 jam.

Ada beberapa hal mendasar yang membedakan antara WarNet disana dibandingkan dengan disini yaitu harga (mahal banget), kecepatan (cepet banget), kebutuhan (kaga cuma untuk internet). :-)

Bicara mengenai harga, seperti biasa apa sih yang murah disana? :-) Lama penyewaan mulai dari 15 menit sampai setengah hari dengan biaya rata-rata sekitar 500 Yen (sekitar 50.000 rupiah) untuk 15 menit dan 1500 Yen (150 ribu rupiah) untuk 7-9 jam.

Nah, kalau bicara kecepatan sih tidak usah ditanya, rata-rata kecepatan internet disana saat ini minimal 10 Mbps jadi pasti jauh lebih cepat dibandingkan disini (Indonesia).

Internet cafe di Jepang juga... kebanyakan tidak hanya sekedar tempat untuk ber-internet ria tetapi juga biasanya kita bisa membaca buku komk (manga) secara gratis dengan koleksinya yang lumayan banyak.

Dan bicara mengenai tempat itu sendiri, mereka biasanya membaginya dalam 2 bagian yaitu ruangan terbuka dan ruangan tertutup untuk privasi dengan bentuk bilik-bilik kotak (cubicles).

Dan tergantung permintaan, kita bisa memilih untuk satu bilik bisa diisi 1 orang, 2 orang atau lebih dari 2 orang. Dan kadang, mereka juga menyiapkan 2 komputer dalam satu bilik.

Sebagian besar bilik tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai macam alat, mulai dari komputer itu sendiri, webcam, mic dan juga TV untuk menonton.

Bagi anda yang perokok seperti kami, jangan kuatir mereka juga menyediakan tempat bagi para perokok, lihat aja foto dibawah, itu ada asbak kan?? :D


Walaupun sedikit mahal untuk ber-internetan disini, ada satu hal yang lumayan membuat kita sedikit senang yaitu kita bisa minum sepuasnya sampai kembung (dan GRATIS) kecuali untuk makanan kecilnya, kita harus bayar. :-)


Terakhir, bicara soal kebutuhan, belakangan ini ternyata internet cafe disana tidak sekedar untuk internet tetapi juga sebagai tempat tidur bagi orang-orang tertentu seperti pekerja paruh waktu atau sama seperti Love Hotels digunakan juga untuk tempat untuk bermalam bagi orang yang sudah ketinggalan kereta.

Alasannya sama saja dengan Love Hotels, yaitu internet cafe jauh lebih murah dibandingkan dengan mereka menginap di hotel, ditambah selain bisa tidur, mereka juga bisa internetan, baca komik (manga), mandi air hangat (ada kamar mandi tetapi harus bayar biasanya) bahkan minum sampai kembung. :D

Satu hal yang sebenarnya sekarang menjadi masalah tersendiri bagi pemerintah disana seiring dengan meningkatnya pengganguran dan juga orang yang mendadak tidak punya tempat tinggal (homeless) adalah keberadaan internet cafe sudah mulai berubah fungsi sebagai rumah sementara bagi mereka yang tidak punya tempat tinggal. :-(












Artikel Yang Berhubungan



16 komentar:

tomo mengatakan...

unik warnetnya gan

Gokiel Abiez mengatakan...

Ini Bingkisannya Sob...mohon diterima....

Landavia mengatakan...

bisa jadi ide buat bikin warnet di Indonesia

AZ COMSOFT mengatakan...

wah, itu baru keren, tempatnya bersih, elegan, mungkin orang2 juga pada disiplin ya...

Gieterror mengatakan...

keren" sob designnya..
klo di indonesia adda gk yya..

syahidacomputer mengatakan...

Wah sepadan dengan harganya.... luxury

Cerita Hujan mengatakan...

Salam kenal, dan terima kasih dah follow cerita hujan ^_^

>> walau mahal, tapi kayaknya VIP buanget... jadi klo ke Jepang, bingung cari hotel ya nginap di warnet aja toh? hehehe piss!!

arta mengatakan...

luar biasa mahal di tempatku 1 jam 2 ribu sob. Tapi sejak enit pertama dah dihitung 2 ribu.

tapi di jepang mewah juga sih...

Ibnu(dunia-klue) mengatakan...

@Cerita Hujan: Salam kenal juga

@arta:memang mahal sob,tapi sepadan dengan harganya.Tempatnya juga mewah,bahkan gratis minum sepuasnya..

Damar mengatakan...

wah, tak kira orang jepang kaya2 semua, jd ngga ada warnet,

ternyata ada ya, ^_^ wakakwaka'e'e

MODIFIKASI XP mengatakan...

waduh bersssihhhh Baget kapan WARNET indonesia kayak gini..!!

ipenk mengatakan...

keren juga ya

BeDa mengatakan...

Mahal. Mungkin sebanding dengan fasilitasnya. Ada perpustakaannya juga.

Salam ukhuwah

Akoey mengatakan...

Wah kalo tarif warnet dikita segitu, ga laku kali ya.. hehe..
btw keren"... nyaman kayaknyah, full accelaration.. wah hebat deh.. Nice post Sob.. Sukses slalu..

adminFREAK mengatakan...

seperti biasa! keren artikelnya!
menurutku kalo di Indonesia warnet kayak gitu bakal gak ada pertemanan sesama blogger! aksesnya aja mahal. ya gak sob?
Kita dukung saja Jepang di World Cup! gimana?

Ka Damar mengatakan...

Mantep

Posting Komentar

    SITE INFO

    CHAT ANTAR BLOGGER



    KLUEVERS