Apa Yang Terjadi Dengan Indonesia & Malaysia?

Posted by Ibnu(dunia-klue) On Minggu, 09 Januari 2011 3 komentar


Saya kemarin menerima pertanyaan yang mengagetkan.
seorang teman sekaligus Guru bahasa Inggris saya yang tinggal di Ohio bertanya "Apa yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia selain masalah bola Sehingga memenihi trending topic di twitter"

saya sedikit menjawab, akhir-akhir ini hubungan Indonesia dan Malaysia memang agak renggang, ditambah kedua negara bertemu kembali di final AFFCup, Kadang saya sendiri dibuat bingung sebelah manakah saya harus memposisikan diri, tentunya agar Indonesia menjadi terhormat, akan tetapi beberapa tulisan Orang Indonesia yang sekian membabi buta membenci Malaysia justru membuat malu, akan tetapi saya memang masih tidak terima dengan apa yan terjadi di Blok Ambalat, sekali lagi yang paling membuat saya tidak puas adalah masalah blok Ambalat, tapi sekali lagi saya harus dibuat emosi/tidak puas dengan pemimpin kita, arah pembangunan yang tidak merata membuat beberapa orang di perbatasan yang berpikir ekonomis lebih memilih untuk bergabung dengan Malaysia daripada Indonesia, mengapa kita harus memaksa penduduk perbatasan Indonesia untuk menjadi nasionalis Indonesia jika pemimpin dan wakil rakyat kita aja tidak pernah memikirkan mereka? mata uang mereka sudah ringgit, untuk sekolah mereka lebih dekat dengan sekolah Malaysia, bahkan mereka lebih paham dengan pemimpin Malaysia daripada Pemimpin kita, radio dan TV mereka berisi media Malaysia. di Jakarta saja Ilmuan yang pintar justru tidak dihargai, mereka dihargai justru di AS, Jerman, Jepang dll dan akhirnya mereka berubah kewarganegaraan, yang paling dihargai disini adalah calon-calon PNS yang bersedia membayar puluhan juta untuk menjadi PNS, bisa dibayangkan betapa tidak masuk akalnya otak mereka, mau jadi apa bangsa Ini kalau pegawainya aja juragan main sogok, Oh Tuhan jangan berikan masa depan curam untuk bangsa ini.

Pada sekali waktu saya dibuat berpikir untuk menyalahkan media, dan sepertinya pemikiran saya ini tidak terlalu salah, hanya saja akhirnya saya sendiri memilih STOP membenci Malaysia dan STOP menyalahkan media dan STOP saling menyalahkan, sikap saling menyalahkan hanyalah sifat Anggota DPR kita yang punya hobby yang sangat kronis bernama cari muka, yang saya pikirkan adalah bagaimana suatu hari nanti kita bisa jauh mengungguli Malaysia, meski kalau dilihat dari progresnya seperti Sangat sulit, mengingat pegawai kita, pemuda kita, Orang Tua kita, Nenek-nenek Kita sedang dibuai dengan semangat PNS-isme, kita sudah lupa cita-cita kita sewaktu SD untuk menjadi Dokter, Insinyur, Petani Sukses dll, mungkin kalau semua orang di Dunia ini di Sensus hanya ada nama Indonesia yang berjiwa PNS-holic, satu lagi hukuman terburuk jika seorang PNS memutuskan untuk keluar dari jabatan dan ke-PNS-annya maka dia justru dinilai sebagai seorang yang bodoh, Oh God karma apakah ini.

Oke terlalu panjang prolognya, akhirnya saya berikan beberapa tulisan yang membuat konflik antara Indo-Malay tentunya setelah saya translate ke Bahasa Inggris.

MEDIA penyebab perselisihan Indonesia vs Malaysia
Code:
http://www.supporter-indonesia.com/media-penyebab-perselisihan-indonesia-vs-malaysia.html


Semuanya adalah kesalahpahaman
1. Tentang Pendet : COME ON! Jangan terlalu di bodoh2i media, Iklan itu dibuat discovery channel di singapura. Malaysia sama sekali tidak ikut campur dalam pembuatannya. TAPI MEDIA INDONESIA TERKESAN MENUTUP MATA atau mungkin memang udah tuli, masih saja terus2an bilang kalo itu iklan tourism Malaysia. HELLO? yang seharusnya kita marah2i itu ya discovery channel. Jero wacik juga sama gobloknya pake nuntut permintaan maaf dari Malaysia. SO IGNORANT! jangan lupa kalau tujuan media adalah mencari uang sebanyaknya! selagi beritanya hot mereka akan terus siarkan walaupun tidak benar!

2. Tentang Polisi Malaysia dan TKI : Baru2 ini keluar video penyiksaaan TKI, padahal video tsb telah dinyatakan tidak benar, orang yang disiksa adalah orang Malaysia sendiri. Masyarakat Malaysia memang tidak menyukai TKI apalagi yang illegal, namun mereka tetap menghormati masyarakat Indonesia pada umumnya. Asal anda tau saja ada 3 JUTA TKI ILLEGAL DI MALAYSIA. Meraka berpakaian norak plus alay, dengan kebiasaan hidup yang ugal2ugalan. Tidak jarang mereka nyambi sbg PSK, penjual narkoba, MALING, RAMPOK, dan buat geng yang meresahkan. Sebagian besar penjara di Malaysia di penuhi TKI! maka jangan salahkan kalo mereka bertindak tegas thd TKI ( ingat walaupun tindakan mereka sudah keras dan tegas masih tetap saja ada 3 JUTA TKI ILLEGAL di Malaysia, apalagi kalo petugas Malaysia bersikap lembek????

3. Tentang kekerasan Majikan thd TKI :tidak perlu dibesar2kan, karena ini seharusnya tidak menggangu hubungan kedua negara. COME ON,HAL INI JUGA TERJADI DI INDONESIA SETIAP HARI atau mungkin tiap jam (tapi gak ke ekspose) kalo yg gak percaya silahkan nonton sinetron Indonesia! ada banyak sinetron yang bertema ini menggambarkan hal tsb benar2 nyata di kehidupan kita

4. tentang reog dan kuda lumping : ADA 1 JUTA KETURUNAN JAWA DI MALAYSIA di luar TKI. Sebagian besar tinggal di Johor. apa salah mereka mempraktekan kebudayaan mereka? ADA BUKTI KALO MALAYSIA MENGATAKAN BAHWA KEBUDAYAAN TSB BERASAL DARI NEGARA MEREKA? TIDAK ADA! lagi2 anda dibodohi MEDIA

5. ARTI KLAIM SEBENARNYA : klaim bukan berarti bahwa budaya tsb BERASAL dari negara si pengklaim. Tapi menunjukan bahwa budaya yg di klaim telah menjadi budaya negara. soal asal muasal budaya tsb tidak jadi soal!! UNESCO SENDIRI TELAH MENGATAKAN BAHWA 1 BUDAYA YANG SAMA DAPAT DI KLAIM OLEH LEBIH DARI 1 NEGARA. KARENA BUDAYA BUKAN MILIK NEGARA TAPI MILIK BANGSA. jadi tidak perlu marah kalo Malaysia mengklaim rendang, sate atau kebudayaa melayu dan Indonesia lainnya lainnya karena sebenranya kita juga bisa melakukannya!

6. tentang klaim budaya : ADALAH SALAH SATU HAL TERBODOH YANG PERNAH ADA. hal ini benar2 menunjukan bahwa orang indonesia sangat dangkal pikirannya dan gampang di pengaruhi media! orang di luar negeri sedang menertawakan keserakahan dan kebodohan kita!

7. Tentang batik dan wayang : Batik Malaysia berasal dari terengganu dan motifnya sangat berbeda dari batik Jawa. Wayang Malaysia bukan berasal dari Jawa tapi dari Thailand. BTW Thailand tidak pernah mempermasalahkan ini! mereka lebih matang dalam berpikir!

8. TTG rasa sayange : Lagu rasa sayang telah ada di Malaysia sejak awal 1940an!! dan lagu ini telah menjadi lagu rakyat! lagipula rasa sayange adalah lagu anonim! tidak ada salahnya mereka memakai lagu itu! toh malaysia tidak mengklaim lagu tersebut! ADA BUKTI KALAU MALAYSIA MENGKLAIM? TIDAK ADA! lagi2 media membodohi anda!

9. Tentang sipadan dan ligitan : tanyakan saja kepada world court yang memenangkan Malaysia! mereka mungkin sudah mengetahui kedangkalan kita!

10. Tentang ambalat : Saya yakin orang yang duduk di kantor pemerintahan sana sudah cukup berpengalaman dan pintar ttg masalah sengketa! biarlah masalah ini diselesaikan kedua pimpinan negara.

saya juga mau memberi tau sesuatu :
1. Tau tempura? ya makanan Jepang. Tapi taukah anda tempura dibawa dan diperkenalkan oleh orang Portugis? nama aslinya adalah tempora! tempura telah menjadi makanan Jepang namun Portugis tidak pernah mempersalahkannya! karena mereka tidak dangkal seperti kita! mereka tidak ada waktu untuk beteriak di jalan, berdemo spt orang gila, dan membakar bendera.

2. Tau sepak takraw? sepak takraw berasal dari Thailand! nama aslinya adalah tuck-rouw! tapi Thailand tidak pernah mempermasalahkan Malaysia yang memasukkan sepak takraw kedalam iklan promosi wisata!

SO PLEASE INDONESIANS! PLEASE BE SMART, MATURE, dan SOPAN! tunjukan bahwa kita masyarakt beradap! jangan gampang di ombang ambing media!

FYI ada ratusan ribu masyarakat keturunan Bugis, Banjar, Minang dan Palembang dan 1 juta keturunan Jawa! semua diluar TKI lo! jadi sangat lumrah adanya share budaya!

FYI presiden Malaysia saat ini adalah keturunan Bugis!

FYI, istilah ‘melayu’ atau ‘malay’ di Malaysia mencakup semua suku yang austronesia (termasuk orang filipino,sumatera,dan jawa) yang beciri kulit sawo matang spt kita! jadi jangan aneh kalo reog di katakan menjadi salah satu kebudayaan melayu! jangan aneh juga kalo misalnya anda datang ke malaysia anda akan dianggap seorang malay (walaupun sebenarnya anda mungkin orang batak atw madura!)

pesan utk para nationalist yang idiot dan brutal : pelajari lagi kebudayaan ASEAN! carilah bukti-bukti bukan media! kalo jalan2 ke luar negeri jangan cuma nyari shopping atau disneyland aja dong, dateng juga ke cultural centre dan museum!

perkaya wawasan anda!
———————————————————————-

maka itu, tolong jangan asal ngomong dan sok tau!
yang anda dengar itu berasal dari media, dan tau lah anda betapa kotornya media..

banyak orang Malaysia yang melecehkan orang Indonesia karena mereka juga sok tahu, padahal mereka yang melecehkan itu sama sekali tidak pernah mengetahui keadaan sebenarnya di Indonesia..
(yang sudah lebih tahu tentang Indonesia justru lebih respek kepada Indonesia)
istilahnya, mereka yang asal ngomong terhadap Indonesia kebanyakan adalah orang kampung!

kita juga, banyak ngamuk-ngamuk kepada orang Malaysia karena kita tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi di Malaysia..
dan kebanyakan dari kita yang ngomong gitu adalah juga orang kampung..
bagaimana teman-teman yang tinggal di kota-kota besar dan yang termasuk berkecukupan dan berpendidikan??
apakah kepintaran anda sebatas orang kampung juga??

berfikirlah luas dan terbuka.. saya mungkin termasuk beruntung karena saya yang bersekolah di malaysia,, dapat membuka pandangan saya terhadap kedua negara..
perselisihan antar negara biasa lah,, Amerika-Kanada juga gitu, Amerika-Meksiko,
Jepang-Cina, Iran-Irak, Afganistan-Rusia, India-Sri lanka, dll..

tolong jadi orang yang pintar, katanya Indonesia rakyatnya sudah tidak bisa dibodoh-bodohi lagi!?
tapi apa?? kaum intelek (termasuk golongan kita, mahasiswa) pun bisa dibodoh-bodohi media.. bikin malu saja…!!

pikir dulu sebelum ngomong! gak usah sok tahu dan ikut berkoar-koar!


dan tentunya ada jawabannya agar kita tidak menilai sepihak. jawaban ada di KASKUS
Code:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6458873


1. Hello,, Plz deh gan…. Bagaimana mungkin anda bilang Malaysia tidak ikut campur dalam penggarapan iklan tsb!?, anda berlogikalah sendiri, anda ingin mempublikasikan suatu produk melalu pihak ke tiga, apa mungkin anda menyerhakn sepnuhnya/membiarkan publikasi tsb dilakukan oleh media yg anda tunjuk tanpa persetujuan atau tanpa anda melihat materinya terlebih dahulu???. Ayolah gan,,, anda jgn berfikir bodoh seperti itu!!


2. itu berita yg mana????. Yg saya lihat dan saya saksikan sendiri baik melalui media maupun tidak (karena saya bekerja di airlines lokal utk disitrik singapur) adalh benar TKI-TKI kita disiksa, entah utk alasan apa, begitulah faktanya!!. Dan tahukah anda, keberadaan TKI illegal kita disana tak lebih dari keterlibatan warga Negara Malaysia itu sendiri gan!. Ane tau ini, coz ane sering liat bagaimana mereka (warga malysia) berupaya memasukkam TKI-TKI dari pelabuhan2 kecil di batam. Mereka dapat keuntungan dari situ gan,, yaitu dapat melanggar hak-hak para TKI tsb. mislnya, upah yg sengaja ga dibayar setelah mereka bekerja. Alasnnya y apa lagi klo bukan krna TKInya illegal (mereka terancam dilaporkan imigrasi setempat gan klo ngotot minta bayaran). Nahh,, karena warga kita tsb merasa tertipu, menurut saya ya wajarlah mereka mencari jln lain utk bisa bertahan hidup disana dan berusaha mencari uan dgn cara lain!


3. Tentu saja masalhnya kecil gan klo Cuma 1 atau 2 kasus saja, kalau sudah berkali2!. Anda kan punya mata dan otak, jadi bias anda saksikan dan nalrkan sendiri toh!


4. Kebudayaan jawa gan!. Jawa itu Malaysia???


5. Saya setuju, klo mau klaim ya klaim aja. Tapi tidak untuk komersil dan untuk keuntungan sepihak kan gan???


6. Anda harus bias membedakan gan, antara bodoh dengan mempertahankan harga diri. Jd jgn sembaragan anda ngomong bodoh!!


7. Batik trengganu adalah modofikasi lanjutan dari batik Indonesia, Anda sebagai WNI harus tau itu!!. Silahkan anda search sendiri


8. Mereka memang tidak mengklaim secara langsung, dan seharusnya anda berterimakasih.. karena dgn bantuan media, kita menjadi tahu, bahwa lagu tersebut ternyata digunakan di sana (Malaysia)


9. Tahukah kamu, juri world court itu adalah koloni2 inggris dari Negara yg memiliki ketergantungan dgn Inggris. dan tahukah kamu ada hubungan apa Inggris dengan Malaysia. Siapa gan yg dangkal????



10. Warga Negara yg tidak puas dengan upaya penyelesaian pemerintahannya ya wajarkan minta reaksi lebih.. Itu wujud demokrasi gan!!, dan kita harus bangga utk itu!.


Kadang saya muak dan miris melihat kelakuan agan2 yg seperti ini, membodoh2i orang lain tanpa melihat keadaan dengan keseluruhan aspek!. Kita harus realistik gan!, apa sebodoh itu kita menyerap informasi yg diberikan oleh media tanpa melihat fakta2 lain!.
OMG…, no comment lagi deh gan!

ane kasih tau lagi ya gan,,
-Tempura itu Makanan yang sudah sejak lama dan secara turun temurun dimakan orang Jepang, dengan racikan serta bumbu khas jepang dan terdapat pembedaan yg nyata dari yg dimiliki portugis!.

-soal takraw, itu adalh olah raga gan. mungkin thai tdk trlalu keberatan krna takraw tsb sudah dinyatakan resmi sebagai olahraga umum dan bukan suatu budaya.

cat: Ane adalh alumni salah satu PTN terbaik di Indonesia gan, bahkan diakui dunia. diakui dunia juga gan klo kulitas PTN ane jauh diatas Perguruan tinggi tmn agan itu! (karena gaada dicatan dunia univ2 di malysia mengungguli univ ane). tmn ente kali tuh gan yg bodoh!!


Tak perlu saling berdebat dan menyalahkan, kita mulai dengan cara kita. Yuuk.




sumber :http://www.soloaja.com/v2/forum/21-lounge/7877-apa-yang-terjadi-dengan-indonesia-a-malaysia.html

Artikel Yang Berhubungan



3 komentar:

Dhana/戴安娜 mengatakan...

Salam sahabat.apa yang terjadi dengan Indonesia Dan Malaysia ini Akan dijadikan sebah pembahasan khusus dimana harus Ada kesadaran itu Menurut saya

Kelpo mengatakan...

Wah benar sekali nih, kalau dipikir-pikir malaysia ada benarnya juga ya ;)

Anonim mengatakan...

sok tau

Posting Komentar

    SITE INFO

    CHAT ANTAR BLOGGER



    KLUEVERS